Cara Menjadi Anggota Perpustakaan Nasional RI Online

Seringkali dosen dan mahasiswa mengeluhkan kekurangan referensi saat menyusun sebuah karya ilmiah. Tidak jarang mereka menggunakan buku-buku yang diterbitkan lebih dari 10 tahun sebagai sumber referensi mereka. Wal hasil karya ilmiah mereka menjadi kurang berbobot dan ketinggalan zaman. 

Pada era sekarang, kebutuhan akan sumber-sumber referensi menjadi sangat penting bagi seorang akademisi. Oleh karena itu, perguruan tinggi seolah berlomba di dalam melanggan jurnal-jurnal ilmiah internasional. Hampir semua perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, yang sudah sangat terkenal maupun tidak sudah pula melanggan internasional. 

Bagi mereka yang bukan akademisi, atau mereka yang bekerja di PT namun institusinya belum melanggan database jurnal atau buku internasional, jangan khawatir karena Perpustakaan Nasional RI (PNRI) membuka akses bagi umum dengan terlebih dahulu menjadi anggotanya. Meski cukup mudah, terkadang bagi yang belum terbiasa akan kesulitan untuk mendaftar menjadi anggota. Berikut cara menjadi anggota PNRI secara online.
  1. Ketik alamat pendaftaran anggota, http://keanggotaan.pnri.go.id/ kemudian enter hingga muncul halaman sebagai berikut: 
  2. Klik daftar dan tunggu sampai muncul laman berikut : 
  3. Klik lanjutkan pendaftaran di pojok kanan atas, hingga muncul formulir pendaftaran, isilah dengan lengkap terutama kotak-kotak yang ditandai dengan bintang.
     
  4. Setelah mengisi lengkap formulir pendaftaran, klik kotak kecil pada bagian paling bawah yang menyatakan bahwa Anda telah mengisi dengan benar dan setuju dengan aturan PNRI. Kemudian klik daftar

  5. Setelah klik daftar, kalo anda berhasil akan mendapatkan jawaban seperti ini 
  6. Silahkan kembali ke langkah no. 1 untuk mencoba mengakses PNRI dengan memasukkan nomor anggota yang barusan Anda dapat dan password yang telah Anda buat. Dan dapatkan jutaan referensi baik jurnal maupun ebook, nasional dan internasional. Selamat mencoba! (abi/asa)
Abi. Powered by Blogger.