Angkat Sumpah Ahli Madya Keperawatan

Setelah menjalani wisuda bersama di GOR Kenarok pada tanggal 14 September 2016 yang lalu, hari ini Lulusan Program Studi D-III Keperawatan Lawang Poltekkes Kemenkes Malang tahun 2016 diambil sumpahnya sebagai Ahli Madya Keperawatan. Acara ini dihadiri oleh 68 lulusan, terdiri dari 65 mahasiswa beragama Islam, 2 mahasiswa beragama Kristen Protestan dan 1 mahasiswa beragama Katholik.

Hadir dalam acara angkat sumpah Ketua Jurusan Keperawatan Imam Subekti, SKp, M.Kep, SpKom, Koordinator Wilayah 4 PPNI Jawa Timur Cahyo Bintoro, SKM, MSc selaku pengambil sumpah mewaliki pengurus PPNI Propinsi Jawa Timur, Ketua Program Studi D-III Keperawatan Arief Bachtiar, S.Kep, Ns, M.Kep, Rohaniwan dari kemenag kabupaten Malang, beberapa staf dosen dan tamu undangan mitra Program Studi. 

Imam Subekti, ketiga dari kiri, duduk disebelahnya Cahyo bintoro

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, hymne Polkesma dan Mars Polkesma. Dilanjutkan dengan Prosesi angkat sumpah kemudian sambutan-sambutan. Dalam sambutannya, ketua jurusan menyampaikan harapan agar lulusan dapat bekerja sesuai dengan kompetensinya. Agar dapat bekerja maka lulusan harus mengikuti uji kompetensi, agar mendapat sertifikat kompetensi. Sertifikat kompetensi diperlukan sebagai sarat mendapatkan STR (surat tanda registrasi) dari MTKI/MTKP. Beliau sangat menyesalkan ada lulusan D-III Keperawatan namun bekerja di sektor perbankan meskipun hal itu adalah hak bagi yang bersangkutan. Beliau juga memberikan dorongan bagi lulusan agar terus meningkatkan pendidikannya, apalagi di Polltekkes Malang sudah ada program Diploma IV (Sarjana Terapan). Tahun 2017 direncanakan pembukaan program studi baru lagi untuk profesi Ners, sehingga memungkinkan lulusan D-III yang sudah melanjutkan ke jenjang D-IV meningkatkan terus jenjang pendidikannya. Pada tahun yang sama juga direncanakan pembukaan Program S2, Magister Sain Terapan (MST).  


Sementara itu, Bpk Cahyo Bintoro mewakili organisasi profesi PPNI Jawa Timur dalam sambutannya menyampaikan perkembangan terkini pendidikan kesehatan khususnya pendidikan keperawatan yang jumlahnya sangat banyak sehingga akan menambah persaingan dunia kerja. Namun beliau menyakini lulusan Program Studi D-III Keperawatan Lawang yang bernaung di bawah Poltekkes Kemenkes Malang mampu bersaing di dunia kerja khususnya bidang keperawatan. Beliau juga menyampaikan banyak hal terkait dengan persaingan dunia kerja terutama di era MEA, perkembangan organisasi profesi khususnya di dalam menindaklanjuti UU No. 38 tahun 2014 agar membentuk konsil keperawatan yang batas waktunya kurang sebulan lagi.



Acara angkat sumpah di kampus 2 polkesma ini adalah yang pertama kali dilakukan oleh Program Studi D-III Keperawatan Lawang dimana sebelumnya angkat sumpah dilakukan bersamaan dengan acara wisuda. Acara ini berlangsung tertib dan khidmat mulai pukul 08.30 - 10.10 WIB. Acara ditutup dengan sesi foto bersama. (abi/asa)


Abi. Powered by Blogger.