Telusur Jurnal Nasional di Portal Garuda IPI

Bagi seorang pemula yang akan menyusun sebuah karya ilmiah, kemampuan menelusur sumber referensi menjadi sebuah kunci keberhasilan. Namun tidak jarang dari mereka hanya berbekal pas-pasan dan terkesan serampangan di dalam mencari sumber-sumber ilmiah yang dibutuhkan. Yang paling mudah bagi mereka dan menjadi andalan adalah menggunakan search engine "google". Tinggal mengetik kata yang diinginkan, dan sekian banyak laman akan bermunculan menawarkan bacaan sesuai dengan kata kunci yang diinginkan. Namun sayangnya, bacaan yang ditampilkan di laman search engine terkadang tidak memenuhi kaidah karya ilmiah, sehingga seharusnya tidak digunakan sebagai sumber referensi.

Sumber-sumber di internet yang seharusnya tidak digunakan sebagai sumber referensi misalnya bacaan dari sebuah webblog. Kenapa demikian? karena semua orang bisa saja menulis. Mulai dari anak kecil, orang tua, orang awam dan masyarakat umum, semuanya bisa menulis di blog. Bahkan tulisan-tulisan mereka tanpa disertai dengan sebuah rujukan. 

Berbeda dengan website resmi lembaga, organisasi, departemen pemerintah, media-media ternama baik tulis maupun televisi, mengutip pernyataan-pernyataan melalui website mereka masih dimungkinkan. Terlebih website yang mengkhususkan pada database jurnal atau ebook. Mencari sumber-sumber referensi melalui database jurnal atau ebook adalah sebuah keharusan mengingat keterbatasan sumber-sumber ilmiah di perpustakaan. 

Sebelumnya pernah saya posting cara menjadi anggota PNRI online atau telusur jurnal internasional melalui web Polkesma. Kali ini saya ingin share cara menelusur database jurnal dan book nasional yaitu melalui portal garuda IPI (Indonesian Publication Index), salah satu database jurnal nasional di Indonesia. Berikut langkah-langkahnya yang ssungguhnya sangat mudah:
  1. Tulis alamat URL http://id.portalgaruda.org/index.php? kemudian enter. Anda akan dibawa pada laman berikut:
    Laman depan portal garuda, tampak jumlah jurnal 3.677
    dengan jumlah artikel 350.086
  2. Kata title pada kotak kanan atas bisa diganti dengan kategori lain dengan cara diklik dan kemudian pilih, misal author atau abtract. Selanjutnya dibelah kanan kotak title, Anda bisa langsung ketik kata kunci misalnya TBC, kemudian klik search document. 
    Ketik kata TBC pada kotak kanan atas
  3. Hasil penelusuran dengan kata TBC
  4. Silahkan Anda pilih, baca-baca sesuai dengan keinginan Anda
  5. Anda juga bisa mencari ebook dengan merubah kategori. Klik journal/Book. Selanjutnya caranya sama dengan langkah-langkah search document.
Walaupun tidak bisa dibandingkan dengan database jurnal internasional yang memiliki jutaan artikel namun keberadaan portal garuda IPI saya kira sudah bisa membantu terutama yang enggan berbahasa asing. Oh ya database jurnal di Indonesia saat ini ada 2, sama-sama menggunakan nama portal garuda. Yang pertama adalah portal garuda dikti yang beralamat di http://garuda.dikti.go.id/ dan yang kedua adalah portal garuda IPI yang dikelolah oleh IAES (Institute of Advanced Engineering and Science) Indonesian Section. Selamat mencoba...
Abi. Powered by Blogger.