Caping Day Mahasiswa Program Studi D-IV Keperawatan Lawang

Pagi ini Program Studi D-IV Keperawatan Lawang Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Malang melaksanakan kegiatan Caping Day bagi mahasiswa tingkat II. Acara dilaksanakan di aula kampus 2 Polkesma. Acara dihadiri oleh Pudir III Polkesma, Ketua Program Studi D-IV Keperawatan Lawang beserta dosen dan karyawan, tamu undangan dari RS dan Puskemas mitra program Studi, serta para orang tua wali mahasiswa. Acara tepat dilaksanakan pukul 08.00. 

Prosesi acara diiringi irama khas "gamelan" dan tampak 2 orang berpakaian budaya jawa mengantar peserta caping day memasuki aula. Setelah menyanyikan lagu Indonesian Raya dilanjutkan dengan Himne dan Mars Polkesma, acara dilanjutkan dengan pemasangan cap, pengucapan sumpah dan penandatanganan naskah sumpah. 

Dalam laporannya, ketua panitia pelaksana Sdr. Galih satya pamukti, menyampaikan bahwa tema kegiatan caping day adalah The Perfection of Nurse in the Greatest Era" Inti kegiatan adalah penyematan cap sebagai simbol akan memulai kegiatan praktek klinik sebagai bentuk implementasi dari pembelajaran di bangku kuliah. Kegiatan diikuti oleh 48 mahasiswa tingkat II semester III. Adapun sumber dana berasal dari dipa Polkesma dan swadaya dari mahasiswa.

Pengucapan sumpah

Dalam sambutannya, Pudir III bidang Kemahasiswaan mewakili Direktur Polkesma menyampaikan bahwa di RS Normah Medical Specialist Center yang berada di Malaysia memiliki sumber daya manusia yang sangat bagus, orangnya ramah-ramah dan murah senyum, tanggap didalam pelayanan, dan pandai berbahasa Inggris. Rumah sakitnya bersih. Tepuk tangan hadirin membahana di aula, saat Pudir III menyampaikan bahwa mahasiswa yang mengikuti caping day ini tahun depan akan praktek di sana. Untuk itu perlu dipersiapkan dengan sebaik-baiknya terutama biaya transport dan akomodasi yang ditanggung oleh mahasiswa sendiri. Sedangkan biaya praktek akan ditanggung oleh institusi. 
Surachmindari, SST, MPd, Pudir III Polkesma ditengah

Selanjutnya Pudir III berpesan bagi mahasiswa yang akan menjalani praktek agar selalu menjaga nama baik isntitusi di tempat praktek, saling bekerjasama dengan sesama teman dan kalau tidak mengetahui saat melaksanakan praktek agar sering bertanya untuk menghindarinhal-hal yang tidak diinginkan. Mahasiswa juga diharapkan memperhatikan SOP yang ada di lahan praktek. Acara dilanjutkan dengan penyampaian visi misi dan program kerja oleh Ketua Program Studi D-IV Keperawatan Lawang. 

Sebelum acara diakhiri, diumumkan 3 mahasiswa berprestasi yaitu:
  1. M. Adib Mabruri dengan IP : 3,76
  2. Sita Hendra Kusuma dengan IP : 3,75
  3. Reny Andriani : 3,74
Acara diakhiri dengan menyanyikan lagu persembahan. Diawali dengan melantunkan tembang dengan judul "terima kasih ibu" yang dibawakan para mahasiswa sendiri. Lagu begitu syahdu sehingga membuat beberapa mahasiswa yang menyanyi dan  orang tua yang menyaksikan berkaca-kaca. Terlebih lagi sebuah puisi tentang ibu dibacakan oleh salah seorang diantara mereka, membuat suasana semakin bertambah haru sehingga membuat sebagaian besar hadirin semakin deras menumpahkan airmata bahagia. (abi/asa)
Suasana haru menghiasi ruangan saat mahasiswa sungkem minta doa restu orang tua
Abi. Powered by Blogger.