Tip & Trik menulis



Bagi sebagian orang, menulis adalah pekerjaan yang sulit. Sebagian yang lain merasa malas untuk menulis. Kedua hal di atas adalah penyebab seseorang enggan untuk menulis. Padahal dari menulis kita bisa mendapat manfaat dan keuntungan. Media-media cetak yang bereputasi menghargai dengan nilai yang cukup tinggi untuk satu artikel yang dimuat. Belum lagi kalau kita sudah terbiasa menulis buku, royalti yang diperoleh sangat menggiurkan. Seorang penulis bisa hidup berlebih dari royalti menulis buku. Bahkan sebagian orang bisa sukses karena menulis di mulai dari sebuah blog. Klik di sini, untuk membaca kaya dengan blog

Untuk mengatasi dua kendala di atas, pertama merasa sulit, maka ketahuilah bahwa tidak ada yang sulit kalau kita tahu caranya. Dan agar kita tahu maka mulailah dari belajar menulis. Kedua, merasa malas menulis, ini adalah penyebab dari segala penyebab kegagalan. Sebab sehebat apapun kemampuan seseorang namun kalau ia malas, maka tidak akan produktif. Maka hilangkan rasa malas dari jiwa kita.

Nah bagi mereka yang sulit menulis, mungkin berikut dapat digunakan sebagai tip dan trik menulis:
  1. Tulislah tema artikel yg ingin Anda buat. Kemudian uraikan tema tersebut menjadi sub-sub tema. Dari sub tema kembangkan menjadi beberapa pokok kalimat. Setiap pokok kalimat tambahkan kalimat pendukung. 
  2. Kalimat dibuat menurut kaidah SPOK (subyek-predikat-obyek-keterangan). Untuk keterangan tidak harus digunakan jika memang tidak dibutuhkan. Anda bisa menghilangkannya.
  3. Jika artikel yang ingin Anda tulis berupa berita, gunakan 5w dan + 1h. What (apa), who (siapa), why (mengapa), when (kapan), where (dimana) dan how (bagaimana).

Selamat mencoba!..



Abi. Powered by Blogger.