3 Pilar Utama Pengembangan Polkesma di Masa Mendatang

Direktur Polkesma
Ada 3 Pilar yang menjadi perhatian utama Direktur untuk mengembangkan Polkesma di masa mendatang. 3 pilar tersebut dibutuhkan untuk mencapai visi misi Polkesma sesuai dengan Rencana Strategi dan Rencana Induk Pengembangan Polkesma. Meminjam istilah komputer, ketiga pilar tersebut meliputi hardware, software dan brainware.

Hardware 

Hardware adalah perangkat keras, sesuatu yang berbentuk fisik dan dapat diindera. Dalam dunia komputer, contoh hardware bisa berupa keyboard, mouse, prosesor, monitor, dll. Bila diilustrasikan di sebuah organisasi, hardware merupakan sarana dan prasarana yang dimiliki bisa berupa bangunan gedung, peralatan dsb.

Pengembangan hardware Polkesma dimasa mendatang adalah dengan meningkatkan kualitas gedung-gedung baik gedung untuk kantor, perkuliahan,  asrama maupun gedung laboratorium. Tampilan gedung-gedung ini perlu ditingkatkan kualitasnya khususnya bagi kampus diluar kampus pusat seperti di Jember, Lawang, Blitar dan Kediri, sehingga citra Polkesma sebagai sebuah institusi pendidikan kesehatan dapat dibangun dan berdampak terhadap peningkatan minat calon mahasiswa. Demikian pula dengan kondisi lingkungan asrama perlu diperbaiki sesuai dengan masukan dan permintaan mahasiswa, seperti adanya kantin yang bisa melayani kebutuhan mahasiswa akan makan minum hingga pada malam hari. Sarana olahraga, tempat ibadah, gazebo untuk belajar bersama juga perlu mendapat perhatian agar mahasiswa bisa merasa nyaman tinggal di lingkungan kampus. 

Satu hal yang sangat penting untuk menunjang proses belajar mahasiswa adalah alat-alat laboratorium. Di beberapa rumah sakit yang terakreditasi JCI, tidak mengizinkan lagi mahasiswa langsung menyentuh pasien di ruang perawatan. Praktek hanya dilakukan dengan cara pandang. Tidak boleh melakukan tindakan langsung ke pasien. Oleh karena itu perlu diupayakan pantom yabg mampu menggantikan pasien, minimal hampir mendekati kondisi pasien yang sesungguhnya di rumah sakit. Peralatan lab lainnya seperti EKG, Cardiac monitoring, traksi, infus/injection pump perlu dimiliki agar mahasiswa tidak ketinggalan dengan perkembangan teknologi medis saat ini.

Software

Dalam dunia komputer, software diartikan sebagai kumpulan data elektronik yang tersimpan dan diatur di dalam komputer. Sering juga disebut program, berguna untuk menjalankan perintah.

Polkesma ke depan akan mengembangkan program-program yang mampu meningkatkan kinerja layanan. Berbagai layanan sekarang sudah dipersiapkan untuk itu, mulai layanan mahasiswa, layanan akademik, keuangan, sarana dan prasarana dan masih banyak yang lainnya. Ke depan setiap pegawai baik dosen maupun karyawan akan didorong memiliki akun di penyimpanan dunia maya. Garuda Indonesia misalnya, perusahaan penerbangan terbesar di Indonesia ini menggunakan clouds untuk penyimpanan data-data yang dimilikinya.  Diharapkan dengan penyimpanan data seluruh pegawai di dunia maya ini mampu meningkatkan layanan administrasi kepegawaian. Ke depan, laporan kinerja dosen dan karyawan atau kenaikan pangkat bisa langsung dikerjakan oleh staf kepegawaian tanpa harus menunggu permintaan pegawai yang bersangkutan. Kalau sudah waktunya kenaikan pangkat, maka status kepegawaian akan ototmatis diproses oleh kepegawaian.

Uber motor atau gojek adalah contoh keunggulan software. Saat ini perusahaan-perusahaan taksi yang besar sudah kalah dibandingkan mereka. Padahal uber motor atau gojek tidak memiliki kendaraan sebagaimana perusahaan-perusahaan taksi.

Brainware

Brainware adalah manusia yang menggunakan. Artinya sebuah institusi yang memiliki gedung bagus, sarana yang lengkap dan program-program layanan yang baik, kalau tidak dilakukan dengan benar maka sia-sia. Ketersediaan dan kesesuaian kompetensi orang yang akan melaksanakan program-program menjadi kunci utama. Oleh karena itu, ke depan Polkesma akan meningkatkan lagi SDM melalui peningkatan pendidikan maupun pelatihan-pelatihan. Seorang profesional mengatakan jangan pernah membatasi investasi pendidikan bagi SDM karena hasil investasi akan jauh lebih besar dari biaya investasinya.

Semoga cita-cita di atas akan bisa Kita capai. Jayalah Polkesma!!!
Abi. Powered by Blogger.