Mindfulness


Mindfulness (Perhatian penuh dalam bahasa Indonesia) adalah keadaan kesadaran yang ditandai dengan perhatian yang disengaja, pemantauan pengalaman yang tidak menghakimi, dan penyelidikan diri. Cara yang paling populer untuk berlatih adalah melalui meditasi. Mindfulness telah menunjukkan manfaat kesehatan kognitif dan mental, meningkatkan kinerja dalam berbagai kegiatan seperti musik dan atletik (Diaz, 2022). Praktik ini dianggap sebagai sarana yang sangat berharga dalam promosi dan pendidikan kesehatan, memberdayakan individu untuk membuat keputusan kesehatan yang tepat dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan (Amaral & Pinheiro, 2022). Meditasi mindfulness mencakup aktivitas hadir pada saat ini, menenangkan pikiran, merilekskan tubuh, dan memulihkan energi. Oleh karena itu, mindfulness berkontribusi pada kesejahteraan fisik, emosional, sosial, dan spiritual (Dutta, Kalita, & Vaiphei, 2022).

Mindfulness Meningkatkan Kesejahteraan Secara Keseluruhan

Mindfulness dapat meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan melalui berbagai mekanisme. Studi menunjukkan bahwa mindfulness mengurangi penggunaan skema beli dengan sistem kredit, sehingga meningkatkan kontrol diri terhadap masalah keuangan dan mengurangi kecenderungan pembelian yang impulsif, yang mengarah pada tekanan manajemen uang yang lebih rendah dan keamanan keuangan masa depan yang lebih tinggi (Schomburgk & Hoffmann, 2023). Selain itu, intervensi psikologi positif berbasis kesadaran telah ditemukan untuk mengurangi emosi negatif dan meningkatkan kesejahteraan psikologis, belas kasihan diri, dan sikap positif, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan (Zheng dkk, 2022). Program Peningkatan Kesejahteraan Berbasis Kesadaran mengintegrasikan perhatian dan kesejahteraan untuk mempromosikan perkembangan manusia, kebahagiaan, dan kualitas hidup melalui pemahaman diri dan kesadaran diri, yang selanjutnya berkontribusi pada kesejahteraan secara keseluruhan (Kathirasan & Rai, 2023). Selanjutnya, intervensi mindfulness telah terbukti meningkatkan kesejahteraan dengan meningkatkan perhatian penuh, mengurangi tekanan emosional, dan meningkatkan aspek model PERMA (Emosi Positif, Keterlibatan, Hubungan Positif, Makna, dan Prestasi) (Liu dkk, 2022). Mindfulness di tempat kerja telah dikaitkan dengan peningkatan kepuasan kerja, pengurangan kelelahan, dan peningkatan kesejahteraan kerja, menyoroti signifikansinya dalam mempromosikan kesejahteraan secara keseluruhan dalam berbagai aspek kehidupan (Mahanta & Chakravarty, 2022).

Mindfulness Mengurangi Tingkat Stres dan Kecemasan

Intervensi mindfulness, seperti meditasi mindfulness dan Mindfulness-Based Stress Reduction (MBSR), telah terbukti secara efektif mengurangi tingkat stres dan kecemasan di berbagai populasi, termasuk mahasiswa keperawatan dan mahasiswa. Intervensi ini meningkatkan pengaturan diri kognitif, yang bertindak sebagai mekanisme untuk mengurangi kecemasan (Heinrich & O’Connell, 2024; Cary dkk, 2023). Dengan menggabungkan praktik mindfulness, individu dapat mengalami penurunan perasaan tidak berdaya dan kecemasan, yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan mental (Bultas, Boyd, & McGroarty, 2021). Selain itu, program mindfulness seperti MBSR dapat berdampak positif pada regulasi stres dengan menargetkan perilaku, ukuran laporan diri, fisiologi, dan aktivitas otak, yang pada akhirnya mengurangi gejala terkait stres pada populasi siswa yang rentan (Kogias dkk, 2023). Secara keseluruhan, teknik mindfulness menawarkan pendekatan yang menjanjikan untuk mengelola stres dan kecemasan, menyediakan individu dengan alat yang efektif untuk meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan.

Teknik Mindfulness Bagi Pemula

Teknik mindfulness yang efektif khususnya bagi pemula mencakup penggunaan jangkar meditasi (meditatif anchor) seperti mengamati napas untuk mengikat pikiran dengan saat ini (Shonin, Van Gordon, & Griffiths, 2014), berlatih menjauhkan pikiran dengan memvisualisasikan pikiran dan mengamatinya tanpa bereaksi, seperti yang ditunjukkan dalam aplikasi seluler yang disebut AEON (Chittaro & Vianello, 2014), dan terlibat dalam praktik mindfulness informal selama aktivitas sehari-hari untuk menumbuhkan perhatian penuh dalam gaya hidup modern yang serba cepat (Zhang, 2018). Pemula juga dapat memperoleh manfaat dari fokus pada saat ini dengan mengamati aktivitas tubuh dan pikiran tanpa obrolan internal, sebagai bagian dari proses empat tahap untuk berlatih mindfulness  (Zhang, 2018). Selain itu, pemula dapat mengeksplorasi meditasi mindfulness terpandu untuk mempelajari praktik dan sikap penting, seperti menstabilkan perhatian, bergerak melampaui narasi pribadi, dan menumbuhkan kesadaran yang tidak menilai (Kabat-Zinn & Bigelow, 2012). Teknik-teknik ini menawarkan titik awal yang komprehensif bagi individu yang baru berlatih mindfulness, membantu mereka mengembangkan hubungan yang lebih dalam dengan diri mereka sendiri dan dunia.


Daftar Pustaka

Tampilkan Daftar Pustaka
  1. Amaral, P., & Pinheiro, D. (2022). Mindfulness: Instrumento para a promoção da saúde e do bem-estar na população portuguesa e desenvolvimento da literacia em Saúde. Jornal De Investigação Médica (JIM), 3(2), 57–76. https://doi.org/10.29073/jim.v3i2.664
  2. Bultas, M. W., Boyd, E., & McGroarty, C. (2021). Evaluation of a brief mindfulness intervention on examination anxiety and stress. Journal of Nursing Education, 60(11), 625-628. https://doi: 10.3928/01484834-20210913-04
  3. Cary, E. L., Bergen-Cico, D., Sinegar, S., Schutt, M. K. A., Helminen, E. C., & Felver, J. C. (2023). Self-regulation mediates effects of adapted mindfulness-based stress reduction on anxiety among college students. Journal of American College Health, 1-11. https://doi: 10.1080/07448481.2023.2201843
  4. Chittaro, L., & Vianello, A. (2014). Computer-supported mindfulness: Evaluation of a mobile thought distancing application on naive meditators. International Journal of Human-Computer Studies, 72(3), 337-348. https://doi: 10.1016/J.IJHCS.2013.11.001
  5. Diaz, Frank M., dalam McPherson, G. (Ed.). (2022). The Oxford handbook of music performance (Vol. 2). Oxford University Press.
  6. Dutta, A., Kalita, K., & Vaiphei, S.D., (2022). Effects of Mindfulness on Psychological Well-being: A Scoping Review. International Journal For Multidisciplinary Research. 4(4), 553-572. DOI 10.36948/ijfmr.2022.v04i04.062
  7. Heinrich, D. S., & O’Connell, K. A. (2024). The Effects of Mindfulness Meditation on Nursing Students’ Stress and Anxiety Levels. Nursing Education Perspectives, 45(1), 31-36. https://doi: 10.1097/01.nep.0000000000001159
  8. Kabat-Zinn, J., & Bigelow, D. (2012). Mindfulness for Beginners: Reclaiming the Present Moment--and Your Life. Library Journal, 137(1), 119-120.
  9. Kathirasan, K., & Rai, S. (2023). Introducing Mindfulness-based Wellbeing Enhancement: Cultural Adaptation and an 8-week Path to Wellbeing and Happiness. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003322955
  10. Kogias, N., Geurts, D. E., Krause, F., Speckens, A. E., & Hermans, E. J. (2023). Study protocol for a randomised controlled trial investigating the effects of mindfulness based stress reduction on stress regulation and associated neurocognitive mechanisms in stressed university students: the MindRest study. BMC psychology, 11(1), 194. https://doi: 10.1186/s40359-023-01220-4
  11. Liu, B., Guan, Y., Jing, H., Hofmann, S. G., & Liu, X. (2022). Mindfulness and PERMA Well-Being: Intervention Effects and Mechanism of Change. Psychology, 13(5), 675-704. https://doi: 10.4236/psych.2022.135046
  12. Mahanta, D. & Chakravarty, K., (2022). Mindfulness as a booster for workplace wellbeing: its significance and effects. International journal of advanced research, doi: 10.21474/ijar01/14839
  13. Schomburgk, L., & Hoffmann, A. (2023). How mindfulness reduces BNPL usage and how that relates to overall well-being. European Journal of Marketing, 57(2), 325-359. https://doi.org/10.1108/EJM-11-2021-0923
  14. Shonin, E., Van Gordon, W., & Griffiths, M. D. (2014). Practical tips for using mindfulness in general practice. British Journal of General Practice, 64(624), 368-369. https://doi: 10.3399/BJGP14X680725
  15. Zhang, K. (2018). Identifying effective informal mindfulness practices in daily activities. Journal of International Buddhist Studies, 9(2). https://doi.org/10.3399/bjgp14X680725
  16. Zheng, Y., Zhou, J., Zeng, X., Jiang, M., & Oei, T. P. (2022). A new second-generation mindfulness-based intervention focusing on well-being: a randomized control trial of mindfulness-based positive psychology. Journal of Happiness Studies, 23(6), 2703-2724. https://doi.org/10.1007/s10902-022-00525-2

No comments

Abi. Powered by Blogger.