Luaran Keperawatan


Luaran keperawatan adalah aspek-aspek yang dapat diobservasi dan diukur dalam praktik keperawatan. Ini meliputi kondisi, perilaku, atau persepsi pasien, keluarga, atau komunitas sebagai respons terhadap intervensi keperawatan. Dalam Standar Luaran Keperawatan Indonesia (SLKI), luaran keperawatan menunjukkan status diagnosis keperawatan setelah dilakukan intervensi keperawatan¹³⁴.

Jenis Luaran Keperawatan

  1. Luaran Negatif, Ini mencerminkan kondisi, perilaku, atau persepsi yang tidak sehat. Penetapan luaran negatif mengarahkan pemberian intervensi keperawatan yang bertujuan untuk menurunkan masalah tersebut. Contohnya, "tingkat nyeri menurun" pada diagnosis Nyeri.
  2. Luaran Positif, Ini mencerminkan kondisi, perilaku, atau persepsi yang sehat. Penetapan luaran positif mengarahkan pemberian intervensi keperawatan yang bertujuan untuk meningkatkan atau memperbaiki. Contohnya, "bersihan jalan napas meningkat" pada diagnosis bersihan jalan napas tidak efektif.

Komponen luaran keperawatan terdiri dari:

  • Label: Kondisi, perilaku, atau persepsi pasien yang dapat diubah atau diatasi dengan intervensi keperawatan. Misalnya, "Setelah dilakukan intervensi keperawatan selama 24 jam."
  • Ekspektasi: Penilaian terhadap hasil yang diharapkan tercapai. Contohnya, "Meningkat," "Menurun," atau "Membaik."
  • Kriteria Hasil: Karakteristik pasien yang dapat diamati atau diukur oleh perawat dan dijadikan dasar untuk menilai pencapaian hasil intervensi keperawatan. Misalnya, "Produksi sputum menurun" atau "Sianosis menurun"¹.

Cara menulis luaran keperawatan adalah dengan menggunakan ketiga komponen keperawatan: Label] + [Ekspektasi] + [Kriteria Hasil]. Sebagai contoh:

Setelah dilakukan intervensi keperawatan selama 3 x 24 jam, maka bersihan jalan napas meningkat, dengan kriteria hasil:

  • Batuk efektif meningkat
  • Produksi sputum menurun
  • Mengi menurun
  • Sianosis menurun
  • Dyspnea menurun

Perhatikan bahwa kalimat "setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 3 x 24 jam bersihan jalan napas" adalah [Label], kata "meningkat" adalah [Ekspektasi], dan kalimat "dengan kriteria hasil" adalah [Kriteria hasil]¹. 

Referensi

  1. PPNI. (2019). Standar Luaran Keperawatan Indonesia (SLKI) Edisi I. Jakarta: PPNI.
  2. Cara Menulis Luaran Keperawatan - perawat.org. https://perawat.org/cara-menulis-luaran-keperawatan/.
  3. Rancangan Standar Luaran Keperawatan Indonesia- Umla. https://umla.ac.id/download/file/Materi_Konsep_SLKI_-_DPP_PPNI_rev.pdf.
  4. SLKI ( Standar Luaran Keperawatan Indonesia) - Bangka Belitung Islands. https://www.rsj.babelprov.go.id/content/slki-standar-luaran-keperawatan-indonesia.
  5. Nyeri Akut [SDKI D.0077] - perawat.org. https://perawat.org/nyeri-akut/.

No comments

Abi. Powered by Blogger.