Monev RPS Berbasis OBE


Pagi ini, Prodi Sarjana Terapan Keperawatan dan Ners kedatangan Kepala Pusat Pengembang Pendidikan (Kapus Bangdik) beserta Penanggung Jawab Pengembang Pendidikan. Kedatangan beliau berdua di Prodi adalah dalam rangka melaksanakan Monev RPS berbasis OBE.

OBE singkatan Outcome-Based Education atau Pendidikan Berbasis Hasil adalah pendekatan pendidikan yang memusatkan setiap aspek sistem pendidikan pada tujuan atau hasil yang telah ditetapkan sebelumnya (Mirza & Javed, 2022). Pendekatan ini menekankan pencapaian siswa dalam program akademik dengan fokus pada hasil belajar dan kompetensi (Tshai et al., 2014). OBE bertujuan untuk mengalihkan fokus pendidikan dari pengajaran menjadi pembelajaran, dari keterampilan menjadi pemikiran, dari konten menjadi proses, dan dari instruksi guru menjadi demonstrasi siswa (Hassan, 2012). Implementasi OBE memerlukan faktor-faktor seperti dukungan administrasi, komitmen guru, dan penerimaan siswa untuk memfasilitasi adopsi yang berhasil (Iringan & Bansig, 2019). Menilai sikap guru terhadap PBH sangat penting untuk implementasi efektif dari pergeseran paradigma pendidikan ini (Baguio, 2019).

Dalam sambutannya Kapusbangdik menyampaikan bahwa monev ini dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh prodi di polkesma telah melaksanakan kurikulum OBE. Bukti dukung dalam bentuk RPS terpantau sudah tersedia, namun terkadang pelaksanaan dalam pembelajaran terdapat kendala sehingga belum terlaksana maksimal. Dengan monev ini akan diketahui kendala pelaksanaan selama ini sehingga dapat dicarikan solusi ke depan.

Dalam kesempatan tersebut, PJ akademik bapak Taufan Arif, S.Kep., Ns, M.Kep mempresentasikan salah satu RPS yang berbasis OBE sebagai contoh pelaksnaan di Prodi STr Keperawatan dan Ners. 

Referensi:

  1. Baguio, J. B. (2019). Outcomes-based education: teachers’ attitude and implementation. University of Bohol Multidisciplinary Research Journal, 7(1), 110-127. https://doi.org/10.15631/ubmrj.v7i1.113
  2. Hassan, M. (2012). Challenges of implementing outcome based engineering education in universities in bangladesh. 2012 7th International Conference on Electrical and Computer Engineering. https://doi.org/10.1109/icece.2012.6471562
  3. Iringan, E. M. and Bansig, I. C. (2019). Implementation of outcomes—based education in the graduate school level at st. paul university philippines. World Journal of Educational Research, 6(2), 188. https://doi.org/10.22158/wjer.v6n2p188
  4. Mirza, A. and Javed, S. (2022). Effective and efficient implementation of obe framework within constrained pakistani environment to attain desired learning outcomes. Sir Syed University Research Journal of Engineering &Amp; Technology, 12(1), 1-7. https://doi.org/10.33317/ssurj.390
  5. Tshai, K. Y., Ho, J., Yap, E. H., & Ng, H. K. (2014). Outcome-based education – the assessment of programme educational objectives for an engineering undergraduate degree. Engineering Education, 9(1), 74-85. https://doi.org/10.11120/ened.2014.00020

No comments

Abi. Powered by Blogger.