Workshop Finalisasi Kurikulum Prodi D-III dan D-IV Keperawatan Tahun 2017

Direktur Polkesma Budi Susatia, SKp, M.Kes (kiri) dan Sekjur Keperawatan Joko Wiyono, SKp, M.Kep, SpKom

Pagi ini beberapa dosen dari kampus 2 baik Prodi D-III dan D-IV KL akan mengikuti Workshop Finalisasi Kurikulum Prodi D-III dan D-IV Keperawatan yang diselenggarakan oleh Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan selama 2 hari mulai hari ini tanggal 19 sampai 20 September 2017 bertempat di The l0l OJ Hotel Jl. Dr. Cipto No l l, Malang. Selain dari kampus 2, workshop juga diikuti oleh dosen-dosen dari Prodi D-III dan D-IV Keperawatan Malang, Prodi D-III Keperawatan Blitar, dan 5 orang dosen dari Akper Pemkab Trenggalek. 

Workshop dibuka oleh Direktur Polkesma Budi Susatia, SKp, M.Kes. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kurikulum yang sudah tersusun perlu disempurnakan untuk mewujudkan harapan Polkesma dalam meningkatkan mutu civitas akademika. Beliau juga menekankan perlunya peningkatan kerjasama dengan institusi baik di dalam dan maupun luar negri, kerjasama lintas sektoral, peningkatan prestasi nasional dan internasional, juga dengan peningkatan kemampuan dosen sehingga bisa memberikan hal yang bermanfaat untuk peningkatan mutu mahasiswa dan lulusan Polkesma. Workshop ini merupakan salah satu upaya peningkatan mutu kurikulum dan pembelajaran. Oleh karena itu, workshop ini sangat esensial guna menghasilkan lulusan perguruan tinggi yang bermutu sesuai Visi Misi Polkesma yaitu Menjadi Institusi Pendidikan Tinggi Vokasi Kesehatan yang Berkarakter dan Unggul Pada Tahun 2019, sebagaimana yang tertuang di dalam Renstra Polkesma dapat tercapai.

Peserta Workshop dari Kampus 2

Sebagai narasumber workshop diundang Pakar Kurikulum dari Politeknik Negeri Malang Dr. Drs. Ludfi Djajanto, MBA untuk menyampaikan paparan dengan tema Teknik Pengembangan Pernbelajaran Praktikum pada Pendidikan Tinggi Vokasi. Beliau juga diminta untuk memberikan arahan tim penyusun modul dalam diskusi penyusunan modul dan SOP Praktikum.

Sesuai dengan tujuan workshop, diharapkan diakhir acara kemampuan dosen Polkesma dalam menyusun kurikulum dapat meningkat. Selain itu diharapkan secara khusus workshop finalisasi kurikulum ini adalah mengidentifikasi jam praktikum untuk dijadikan dasar penyusunan Modul Praktikum disertai dengan SOP yang akan disosialisasikan dan digunakan panduan mahasiswa dalam melaksanakan praktikum dalam proses pembelajaran.

Di sesi akhir workshop, diharapkan hasil diskusi setiap kelompok akan dipresentasikan oleh penanggung jawab mata kuliah masing-masing. Presentasi meiputi rencana pembelajaran praktikum (RPS), modul dan SOP dari mata kuliah yang ada di dalam kurikulum prodi D-III dan D-IV Keperawatan (NH)

Sesi Presentasi

Abi. Powered by Blogger.