Capacity Building Polkesma 2023


"Secara umum capacity building (CB) dapat diartikan sebagai proses membangun kapasitas individu, kelompok, atau organisasi. Hal ini melibatkan upaya untuk memperkuat kemampuan, ketrampilan, potensi, bakat, dan penguasaan kompetensi sehingga individu, kelompok, atau organisasi dapat bertahan dalam menghadapi perubahan yang cepat dan tidak terduga. Capacity building juga bisa dianggap sebagai proses kreatif dalam membangun kapasitas" demikian laporan Wadir II Polkesma dalam pembukaan acara bertajuk Capacity Building 2023 hari Rabu pagi tanggal 9 Agustus 2023 di Hall Internasional Hotel Alana Yogyakarta.

Mengambil tema "Perkuat Sinergi untuk Prestasi Polkesma Hebat" Bu Afnani (panggilan Wadir II Polkesma) menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah:

  1. Meningkatkan integritas dan membangun karakter yang menunjang untuk terciptanya pelayanan prima instansi.
  2. Meningkatkan kerjasama tim, rasa solidaritas antar pegawai, dan kekompakan para pegawai.
  3. Meningkatkan motivasi kerja dan upaya meraih prestasi.
  4. Memperbaiki komunikasi dengan rekan kerja.
  5. Meningkatkan kontribusi SDM pada kinerja organisasi.
  6. Menumbuhkan rasa kepemilikan (sense of belonging) pada instansi, dan
  7. Meningkatkan pelayanan prima kepada publik.

Dalam sambutannya Direktur Polkesma, Dr. Moh Wildan, A.Per.Pen, M.Pd menyatakan bahwa "kegiatan CB bukanlah hura-hura. Kegiatan ini merupakan upaya membangun kapasitas kita untuk meningkatkan prestasi." Lebih jauh, beliau menuturkan bahwa untuk mencapai prestasi dibutuhkan kerja keras dan waktu yang panjang. Beliau mencontohkan dirinya sendiri, bahwa sebenarnya beliau tidak pernah bermimpi untuk menjadi direktur poltekkes. Namun jika dilihat ke belakang, perjalanan yang panjang telah beliau lalui. Memulai pendidikan dari SPK (sekolah perawat kesehatan, pendidikan setara SMA) hingga meraih gelar doktor yang akhirnya mengantarkan beliau menjadi seorang direktur. Beliau berharap kegiatan CB ini nanti mampu membentuk sinergitas individu dan kelompok untuk mengatasi kendala-kendala yang terjadi dalam pekerjaan.

Direktur Polkesma memberikan sambutan dalam CB 2023

Capacity Building Polkesma tahun 2023 diikuti oleh 308 pegawai Polkesma yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan. Kegiatan ini juga diikuti oleh pegawai yang sudah purna bakti periode bulan Januari hingga Juli 2023. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 8 hingga 11 Agustus 2023, bertempat di Yogyakarta. Adapun kegiatan terdiri dari berbagai aktivitas seperti ESQ, Outbound, dan ekspresi seni dan kreatifitas masing-masing unit kerja. 


No comments

Abi. Powered by Blogger.