Caping Day Mahasiswa Prodi D-III Keperawatan Lawang Tahun 2017

Pemasangan Cap secara simbolis kepada mahasiswa

Mengawali kegiatan di bulan Agustus 2017, Prodi D-III KL mengadakan acara Caping Day bagi mahasiswa tingkat II yang berjumlah 84. Capping Day merupakan acara rutin tahunan dimana secara simbolis mahasiswa akan dikenakan Cap atau Topi Perawat sebagai pertanda mereka akan melaksanakan praktek klinik keperawatan. Secara filosofis acara ini memberikan pesan bahwa setiap perawat harus bekerja dengan benar dan penuh tanggung jawab dan melayani pasien dengan baik, seperti yang diajarkan oleh Tokoh Perawat "Florence Nightingale"

Acara dilaksanakan di Aula Kampus 2 Polkesma dengan dihadiri oleh Direktur Polkesma Bpk Budi Susatia SKp, M.Kes, Ketua Program Studi D-III dan D-IV KL beserta dosen dan karyawan, tamu undangan dari PPNI, RS dan Puskemas mitra program Studi, serta para orang tua wali mahasiswa.

Acara dimulai tepat pukul 08.00 WIB diawali dengan prosesi peserta Caping Day memasuki aula. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesian Raya, Himne dan Mars Polkesma. Prosesi berikutnya adalah pemasangan Cap oleh Direktur Polkesma didampingi koordinator kemahasiswaan, dilanjutkan dengan pengucapan sumpah dan penandatanganan naskah sumpah.

Pengucapan sumpah dalam Caping Day

Tema kegiatan Caping Day kali ini adalah Keperawatan gerontik yang professional dan berkarakter sesuai dengan visi misi program studi DIII Keperawatan, menjadikan lulusan unggul dalam keperawatan lansia. 

Dalam sambutannya Direktur Polkesma menyampaikan bahwa Polkesma merupakan salah satu Poltekkes yang diperhitungkan di Indonesia karena sudah mengembangkan sayap dalam hal kerjasama dan peningkatkan potensi dosen dengan menyekolahkan ke luar negeri. Hal ini akan  meningkatkan mutu pengajar, mahasiswa dan lulusan sehingga akan diperhitungkan oleh stake holder dan tidak dipandang sebelah mata oleh institusi lain. 

Beliau juga berpesan bagi mahasiswa yang akan menjalani praktek agar meningkatkan ketrampilan, mengaplikasikan apa yang sudah didapat di kampus untuk diterapkan dengan sebaik-baiknya, serta selalu menjaga nama baik institusi dan wahana praktek yang ditempati, saling bekerjasama dengan sesama teman dan tidak ragu melakukan tindakan serta meminta bimbingan pembimbing institusi dan lahan praktek agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan.

Untuk menciptakan suasana akademik acara Caping Day tahun ini sebagaimana tahun lalu juga menampilkan orasi ilmiah yang disampaikan oleh ibu Nurul Hidayah S.Kep.Ns., M.Kep. Tema orasi beliau adalah tentang Wanita Lansia yang Mengalami Hipertensi. Tema ini sesuai dengan tema Caping Day yaitu keperawatan gerontik. Salah satu poin penting dari orasi beliau adalah bahwa penanganan hipertensi bisa dilakukan dengan pengobatan non farmakologis, yaitu pengobatan dengan mengkonsumsi labu siam, teh rosella dan senam ringan secara rutin. Poin tersebut mengacu pada hasil penelitian beliau pada tahun 2016 yang lalu.

Peserta Caping Day

Acara diakhiri dengan pembacaan puisi diiringi dengan lagu yang berjudul "terima kasih ibu" dibawakan para mahasiswa sendiri. Suasana berubah menjadi sangat haru, dan bahagia bercampur menjadi satu membuat semua para orang tua yang menyaksikan putra putrinya berkaca-kaca. (nh)

Abi. Powered by Blogger.