Mind Management in Elderly


Problema yang bisa muncul pada keperawatan lansia dapat dikategorikan menjadi 3 masalah yaitu masalah-masalah yang disebabkan proses menua (aging process), masalah-masalah yang berhubungan dengan penyakit jangka panjang dan masalah-masalah psikologis.

Masalah yang disebabkan karena proses menua meliputi penyakit katarak, glukoma, tuli persepsi, osteoporosis, emfisema, gangguan indra tertentu dan perubahan mental. Penyakit jangka panjang terdiri dari penyakit-penyakit degeneratif, kanker, diabetes, penyakit pernafasan gangguan sistem perkemihan dan stroke. Sedangkan masalah psikologis meliputi gangguan memori, masalah seksualitas, gangguan emosional, ansietas, dan depresi. 

Berbagai masalah yang timbul pada lansia di atas bisa disebabkan karena radikal bebas yaitu suatu molekul yang kehilangan satu buah elektron dari pasangan elektron bebasnya. Akibatnya molekul menjadi tidak stabil dan mudah bereaksi dengan molekul lain membentuk radikal baru. Meski tubuh manusia memiliki auto protection, namun dalam kondisi tertentu bila kejadian ini berulang terus maka bisa jadi radikal bebas akan merusak sel, atau merubah DNA penyebab kanker. 

Salah satu penyebab dari munculnya radikal bebas adalah STRESS. Oleh karena itu, menghindari stress adalah tindakan untuk mencegah terjadinya masalah pada lansia. Salah satu tindakan pencegahannya adalah manajemen berfikir, demikian papar Lelik Adiyanto, S.Kep., Ns dalam sebuah stadium general di kampus 2 Polkesma. 

Lelik yang lahir 44 tahun di Semarang ini lantas menayangkan wajah-wajah lansia yang tampak berbahagia pada usia lansia seperti Kolonel Harland Sanders pemilik KFC, Bob Sadino salah satu konglomerat Indonesia. Wajah-wajah mereka tampak tersenyum bahagia. Kondisi inilah yang seharusnya dimiliki oleh para lansia agar bisa hidup sehat bebas dari segala macam penyakit.

Hampir 120 menit pakar yang Ahli di bidang keperawatan komplementer ini menyampaikan pencerahan kepada mahasiswa Polkesma kampus 2. Selama pemaparan, mahasiswa dibuat bersemangat untuk lebih aktif dalam merespon dinamika di ruang aula. Setidaknya 3 kali beliau merogoh uang untuk dibagikan kepada mereka yang "move on". Berikut dokumentasi kuliah tamu di kampus 2:

Lelik Adiyanto, S.Kep., Ns.

Mahasiswa antusias mengikuti general stadium

Berebut hadiah dari pembicara

Tali asih dari kaprodi D-III KL kepada Pembicara

Abi. Powered by Blogger.