Apel Pertama di Tahun 2017

dari kiri, Kaprodi D-III KL, Mad Solihin, Satugi dan Kaprodi D-IV KL
Apel pagi di kampus 2 Polkesma terasa berbeda dari biasanya. Pertama, apel pagi ini adalah apel yang pertama kali dilakukan di tahun 2017. Kedua, apel dilakukan pada hari selasa. Biasanya apel dilakukan pada hari senin. Ketiga, ada penghargaan kepada pegawai kampus 2 yang memiliki kinerja sangat baik.

Apel dimulai tepat pkl. 07.30 WIB, dipimpin oleh Ketua Program Studi D-IV Keperawatan Lawang, Supono, S.Kep., Ns, M.Kep, SpMB. Dalam arahannya, Pak Pono, nama panggilan pemimpin apel, membagi pegawai menjadi 4 macam. Pertama, pegawai yang kurang disiplin datang dan pulang. Kedua, pegawai yang datang lebih awal dan pulang paling lambat. Ketiga, pegawai yang datang tepat waktu, istirahat dan pulang juga tepat waktu. Hanya saja ditengah-tengah waktu tersebut tidak jelas keberadaannya. Dan yang keempat adalah pegawai yang disiplin dan produktif.

Berkaitan dengan informasi dan kegiatan ke depan dari masing-masing program studi, beliau mengingatkan agar semua pegawai berperan serta dalam persiapan Audit Mutu Internal (AMI) yang akan dilaksanakan pada hari kamis dua hari lagi, tanggal 5 Januari 2017. Beliau juga mengingatkan untuk menyelesaikan kegiatan-kegiatan yang belum tuntas seperti kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat, serta yang tidak kalah penting kegiatan evaluasi mahasiswa baik uji tulis maupun praktik. 

Selanjutnya beliau menyampaikan sebuah refleksi bagi seluruh pegawai di kampus 2 di tahun 2016. Setiap dosen dan tenaga kependidikan harus berubah, berubah ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu beliau menyampaikan nasihat 10 jenis buah yang bisa digunakan untuk berubah ke arah lebih baik. 10 jenis buah itu adalah :
  1. MARKISA : Mari Kita Sabar
  2. STROBERI : Selalu Introspeksi Belajar Rendah Hati
  3. SALAK : Selalu Baik Dalam Bertindak
  4. JERUK : Jangan Berbuat Buruk
  5. PISANG : Pantang Iri, Sombong, dan Angkuh
  6. ANGGUR : Anda Gemar Bersyukur
  7. MELON : Menolong Orang Lain
  8. TOMAT : Tobat Sebelum Kiamat
  9. TALAS : Tak Ada Kata Malas
  10. MENTIMUN : Menuntut Ilmu Tidak Banyak Melamun
Terakhir beliau menyampaikan agar kebiasaan yang tidak baik di tempat kerja untuk segera ditinggalkan. Misalnya masih adanya pegawai yang merokok di area kampus. Beliau menyampaikan sebuah contoh di puskesmas yang mendapat nilai kurang baik hanya disebabkan kedapatan putung rokok di area pukesmas. Memakai sandal saat datang ke kantor, menunjukkan pegawai tersebut kurang siap bekerja. Masih banyak lagi hal-hal lain yang perlu dibenahi agar kampus 2 bisa mewujudkan visi dan misinya menjadi institusi pendidikan kesehatan yang berkarakter dan unggul di tahun 2019.

   

Sebelum mengakhiri apel, 2 orang pegawai mendapatkan penghargaan atas dedikasi dan pengabdiannya pada institusi. Kedua orang tersebut adalah Muhammad Solihin (49) dan Satugi (53). Selamat pak Mad dan pak Tugi, ucap kedua Kaprodi sembari memberi reward kepada kedua orang tersebut. Semoga dedikasi dan pengabdiannya mendapat balasan Yang Maha Kuasa dan menjadi teladan bagi yang lain. (abi/asa)
Abi. Powered by Blogger.