AMI Kampus 2 Polkesma

Hari ini Audit Mutu Internal (AMI) digelar di Kampus 2 Polkesma. AMI merupakan kegiatan rutin tiap semester yang dilaksanakan di seluruh Program Studi termasuk Program Studi D3 & D4 Keperawatan yang berada di Kampus Lawang. Rencananya AMI dilakukan  sehari mulai pkl. 08.30 hingga selesai. Hadir sebagai Auditor Internal Ibu Astutik Pudjirahayu, M.Kes selaku ketua tim dan 3 orang anggota Dr. Tri Johan AY., SKp, M.Kep, dan Sri Winarsih, M.Kes. dari Jurusan Keperawatan, serta IDN Supariasa, MPS, dari Jurusan Gizi.

"Saat ini Polkesma memiliki 64 Auditor internal," jawab bu Tutik, panggilan sehari-hari ketua tim auditor. "13 diantaranya adalah asesor LAMPT Kes baik dari keperawatan, kebidanan, Gizi dan PMIK" imbuh beliau.

AMI saat ini masih menggunakan format lama, dimana isi borang AMI sama persis dengan borang LAMPT Kes. Ada 7 standar yang akan diaudit meliputi Standar 1)  Visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian Standar 2) Tata  pamong, kepemimpinan, sistem  pengelolaan, dan penjaminan mutu, Standar 3) Kemahasiswaan dan lulusan, Standar 4) Sumber daya manusia, Standar 5) Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik, Standar 6) Pembiayaan, prasarana, sarana, dan sistem informasi, Standar 7) Pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama

Dalam sambutannya Bu Tutik menyampaikan bahwa kegiatan AMI sangat penting bagi alumni. Alumni sangat membutuhkan peringkat akreditasi institusi unggul bukan saja di dunia kerja namun juga dibutuhkan bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Oleh karena itu, bagi prodi-prodi yang masih memungkinkan untuk ditingkatkan status akeditasinya, akan didorong untuk melakukan reakreditasi sebelum berakhir masa berlaku akreditasinya. Di Polkesma sudah ada 2 prodi yang mampu meraih peringkat B walau belum meluluskan mahasiswa sehingga besar kemungkinan prodi-prodi yang sudah meraih peringkat B dan meluluskan untuk ditingkatkan menjadi peringkat unggul. Rencananya akhir tahun 2017 melalui unit Penjaminan Mutu, Polkesma akan memulai pendaftaran reakreditasi bagi prodi-prodi yang memungkinkan untuk reakreditasi sehingga awal tahun 2018 dapat dilakukan akreditasi ulang.

Astutik Pudjirahayu, M.Kes, Kanit Penjamu Polkesma
"Berbagai hal perlu dipersiapkan untuk menghadapi reakreditasi, mulai dari penyusunan visi misi, peningkatan tata pamong, kegiatan-kegiatan prodi baik akademik maupun kemahasiswaan hingga peningkatan sarana dan prasaranan serta penelitian dan pengabdian masyarakat, Semuanya harus diarahkan sesuai dengan keunggulan prodi". jelas dosen senior yang membidani penjaminan mutu di direktorat ini.

Setelah memberikan sambutan, tim auditor berkenan untuk berfoto bersama sebagai dokumentasi prodi. Dimulai dari foto bersama dengan seluruh dosen dan tenaga pendidik dari Prodi D-III Keperawatan Lawang kemudian disusul oleh seluruh dosen dan tenaga kependidikan dari Prodi D-IV Keperawatan Lawang.

Berikut dokumentasi saat AMI berlangsung :

Ketua Program Studi D-IV KL memberi sambutan pada pembukaan AMI

Auditi dari Prodi D-III dan D-IV KL
   
Suasana Audit 


Abi. Powered by Blogger.