Usia Menarche Mempengaruhi Densitas Mineral Tulang pada Wanita Menopause

Image by Freepik


Sebuah studi mengungkap bahwa usia menarche yang lebih tua berhubungan dengan nilai densitas mineral tulang yang lebih rendah di daerah tulang belakang lumbal pada wanita pascamenopause setelah menyesuaikan dengan usia, ras, BMI, tingkat pendidikan, PIR keluarga, perilaku merokok, konsumsi alkohol, tahun sejak menopause, paritas, penggunaan hormon wanita, aktivitas yang kuat, aktivitas sedang, kalsium total, fosfor serum, radang sendi, penyakit tiroid, penyakit hati, penyakit ginjal, dan diabetes.

Densitas mineral tulang (DMT) adalah ukuran kesehatan tulang non-invasif dan biasanya digunakan dalam praktik klinis untuk mendiagnosis osteoporosis dan osteopenia. Menurut kriteria diagnostik yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia, kepadatan tulang yang rendah didefinisikan sebagai: (1) osteopenia: nilai DMT antara 1,0 dan 2,5 standar deviasi di bawah rata-rata kelompok referensi dewasa muda dan (2) osteoporosis: nilai DMT 2,5 atau lebih standar deviasi di bawah rata-rata kelompok referensi dewasa muda. Di antara wanita pascamenopause, osteoporosis adalah salah satu penyakit tulang yang paling umum, yang menyebabkan kerapuhan tulang dan peningkatan risiko patah tulang. Tulang belakang adalah peristiwa patah tulang pertama yang paling umum pada wanita pascamenopause, dan patah tulang belakang dikaitkan dengan peningkatan kematian, penurunan volume dan tinggi paru-paru, dan penurunan kualitas hidup. Sebuah meta-analisis menunjukkan peningkatan risiko patah tulang belakang 1,3 kali lipat pada wanita untuk penurunan DMT pada daerah tulang belakang lumbal dari satu standar deviasi di bawah rata-rata yang disesuaikan dengan usia. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengidentifikasi faktor-faktor risiko yang menyebabkan DMT rendah dan dengan demikian fokus pada perawatan kesehatan tulang.

Studi sebelumnya telah melaporkan temuan yang saling bertentangan. Beberapa penelitian, yang mirip mencatat bahwa usia menarche yang terlambat dikaitkan dengan penurunan DMT dan risiko osteoporosis berikutnya atau patah tulang osteoporotik. Sebuah studi di Cina melaporkan bahwa wanita dengan usia menarche yang lambat berisiko lebih besar terkena DMT yang rendah pada daerah tulang belakang lumbal dan menyarankan strategi pencegahan dan perlindungan yang tepat untuk mengurangi keropos tulang belakang pada wanita menopause. Studi lain dari China menunjukkan bahwa usia menarche berkorelasi negatif dengan terkena DMT pada daerah tulang belakang lumbal pada wanita lanjut usia. Sebuah studi kohort di Jepang menemukan hubungan independen dan signifikan antara menarche akhir dan risiko patah tulang belakang di kemudian hari. Selanjutnya, sebuah studi kohort di Inggris menunjukkan bahwa usia menarche yang lambat berkorelasi dengan terkena DMT yang lebih rendah dan mengkonfirmasi bahwa hubungan antara pubertas yang lambat dan DMT yang lebih rendah bertahan hingga usia tua awal. Sebaliknya, penelitian lain tidak menemukan korelasi antara usia menarch dan DMT pada daerah tulang belakang lumbal pada wanita pascamenopause. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa usia menarch berhubungan dengan kepadatan tulang dan metabolisme tulang dalam hubungan tertentu. Ini mungkin karena wanita dengan usia menarche kemudian memiliki durasi paparan estrogen yang lebih pendek, yang merupakan faktor hormon penting dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang wanita. Sebuah artikel baru-baru ini juga mengkonfirmasi hubungan erat antara estrogen 17 β-estradiol dan kepadatan tulang. Studi lain menunjukkan bahwa wanita dengan menarche akhir dapat mencapai massa tulang puncak yang lebih rendah di lokasi kerangka tertentu, yang dapat meningkatkan kerentanan mereka terhadap osteoporosis di kemudian hari. Oleh karena itu, semakin awal usia menarch, semakin cepat tingkat estrogen mendekati orang dewasa dan semakin awal ia berperan dalam mempromosikan pembentukan tulang oleh osteoblas dan menghambat penyerapan tulang oleh osteoklas. Ini memastikan bahwa wanita mendapatkan massa tulang puncak yang lebih tinggi dan akan mengurangi risiko osteoporosis pada paruh baya dan lanjut usia. Mekanisme efek usia menarche pada DMT pada area tulang belakang lumbal sangat kompleks, dan penelitian dasar lebih lanjut diperlukan di masa depan untuk mengkonfirmasi hubungan ini.

References

Yang, Y., Wang, S. & Cong, H. Association between age at menarche and bone mineral density in postmenopausal women. J Orthop Surg Res 18, 51 (2023). https://doi.org/10.1186/s13018-023-03520-2


No comments

Abi. Powered by Blogger.