FOKUS DISIPLIN KEPERAWATAN


Suatu disiplin dapat diidentifikasi dengan pernyataan fokus dalam bentuk kalimat sederhana yang menentukan bidang studi. Ini adalah ringkasan sebuah artikel journal dengan judul "The Focus of The Discipline of Nursing" yang bertujuan untuk menyajikan fokus disiplin keperawatan dan membahas implikasi dari perspektif paradigma yang berbeda bagi pengetahuan keperawatan.

KONSEP YANG RELEVAN DENGAN FOKUS KEPERAWATAN

Fokus keperawatan sebagai disiplin profesional telah muncul selama dekade terakhir. Sejumlah konsep telah diidentifikasi sebagai fokus studi keperawatan seperti person, environment, nursing dan health.

Baru-baru ini, ada penekanan pada dua konsep sebagai fokus keperawatan: health dan caring. Meskipun caring dan health memang penting untuk keperawatan, namun tidak ada yang telah mengembangkan pernyataan fokus yang mencakup konsep-konsep ini, dan tidak satu pun konsep itu yang memenuhi kriteria untuk fokus disiplin profesional.

Caring pada umumnya telah dikaitkan dengan konsep kesehatan. Dengan cara yang sama, konsep kesehatan sering dikaitkan dengan tindakan. Lebih lanjut, dalam keperawatan, heatlh berarti pengalaman kesehatan manusia.

Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa caring, kesehatan dan pengalaman kesehatan adalah konsep disiplin keperawatan. Konsep ini dapat saling terkait satu sama lain untuk mengidentifikasi domain penyelidikan keperawatan.

PERNYATAAN FOKUS UNTUK KEPERAWATAN

Menurut penulis artikel ini, keperawatan adalah studi tentang caring dalam pengalaman kesehatan manusia. Berdasarkan pernyataan fokus di atas, bidang penelitian adalah caring terhadap pengalaman kesehatan manusia. Fokus ini menentukan bahwa body of knowledge keperawatan mencakup caring dan pengalaman kesehatan manusia. Body of knowledge yang tidak termasuk caring dan pengalaman kesehatan manusia bukanlah pengetahuan keperawatan. Tugas penyelidikan keperawatan adalah untuk menguji dan menjelaskan makna caring dalam pengalaman kesehatan manusia untuk memastikan kecukupan fokus ini untuk disiplin, dan untuk menguji pertanyaan-pertanyaan filosofis dan ilmiah yang dipicu oleh pernyataan fokus.

PERSPEKTIF PARADIGMA YANG BERBEDA

Ada tiga perspektif paradigma yang terdapat di dalam literatur keperawatan: particulate-deterministic, interactive-integrative, and unitary-transformative. Pertama, dari perspektif particulate-deterministic, caring dalam pengalaman kesehatan manusia dapat dipelajari dengan menguji konsep-konsep yang membentuk fokus. Kedua, dari perspektif interactive-integrative, caring dalam pengalaman kesehatan manusia dapat dipelajari sebagai fenomena interaktif-integratif dalam konteks spesifik, tetapi masih dengan kemungkinan prediksi. Dan ketiga, dari perspektif unitary-transformative, caring dalam pengalaman kesehatan manusia dapat dipelajari sebagai proses kesatuan-transformatif dari kebersamaan dan pengungkapan kreatif.

HUBUNGAN FOKUS DENGAN PERSPEKTIF PARADIGMATIK

Penjelasan pengetahuan yang relevan dengan caring dalam pengalaman kesehatan manusia dipengaruhi oleh perspektif paradigmatik. Konsep-konsep dalam pernyataan fokus dapat diisolasi untuk studi dalam dua perspektif pertama, sedangkan unitary-transformative membutuhkan fokus untuk dipelajari sebagai keseluruhan yang tidak dapat dibagi (an indivisible whole).

Meskipun berbagai perspektif dapat digunakan untuk pengembangan pengetahuan keperawatan, penulis artikel ini meyakini bahwa perspektif unitary-transformative sangat penting untuk penjelasan lengkap dari disiplin. Posisi ini konsisten dengan pandangan dunia yang berubah terhadap perilaku penyelidikan terhadap pengalaman manusia.

Rujukan:

  1. Newman, M., Sime, A. M., & Corcoran-Perry, S. (1999). The focus of the discipline of nursing. Perspectives on philosophy of science in nursing, 20-24.

No comments

Abi. Powered by Blogger.