Skala Bromage

 

Image by macrovector on Freepik

Selain aldrete score, pemulihan pasca anestesi khususnya anestesi regional sering diukur dengan skala Bromage. Skala Bromage menilai intensitas blokade motorik berdasarkan kemampuan pasien menggerakkan ekstremitas bawah (Karnina et al, 2022). 

Scala Bromage adalah sistem penilaian yang digunakan dalam bidang anestesi untuk mengukur tingkat blokade motorik yang dihasilkan oleh anestesi spinal atau epidural. Sistem penilaian ini dibuat oleh seorang ahli anestesi bernama Peter J.D. Bromage pada tahun 1978. Tujuan dari Scala Bromage adalah untuk mengukur sejauh mana pergerakan dan kekuatan otot-otot ekstremitas bawah terpengaruh oleh anestesi regional seperti spinal atau epidural.

Scala Bromage terdiri dari empat tingkat penilaian yang digunakan untuk menggambarkan tingkat blokade motorik. Berikut adalah deskripsi dari masing-masing tingkatnya:

  1. Nol (0): Tidak ada gangguan motorik. Pasien dapat melakukan gerakan penuh di ekstremitas bawah.
  2. Tertentu (1): Pasien dapat fleksi lutut, tetapi tidak dapat mengangkat kaki lurus saat berbaring.
  3. Beberapa (2): Pasien hanya dapat merentangkan kaki saat berbaring, tetapi tidak dapat mengangkatnya dari tempat tidur. 
  4. Total (3): Pasien tidak dapat melakukan gerakan motorik apa pun di ekstremitas bawah. Kaki tetap lemas.
Skala bromage untuk blok motor yang dihasilkan dari anestesi neuraxial (Yentis et al, 2020)

Scala Bromage membantu anestesiologis untuk mengukur dan memantau tingkat blokade motorik yang diinginkan saat melakukan anestesi spinal atau epidural. Tingkat blokade motorik yang dipilih akan tergantung pada jenis operasi, kebutuhan analgesia, dan preferensi klinis. Dengan menggunakan Scala Bromage, anestesiologis dapat merencanakan dan mengelola anestesi dengan lebih tepat sesuai dengan kebutuhan pasien.

Referensi

  1. Karnina, R., Rahayu, N. S., & Faruk, M. (2022). Factors influencing Bromage score in post-spinal anesthesia patients. Bali Medical Journal, 11(3), 1146-1150.
  2. Yentis, S. M., Lucas, D. N., Brigante, L., Collis, R., Cowley, P., Denning, S., ... & Gibson, A. (2020). Safety guideline: neurological monitoring associated with obstetric neuraxial block 2020: a joint guideline by the Association of Anaesthetists and the Obstetric Anaesthetists’ Association. Anaesthesia, 75(7), 913-919.

No comments

Abi. Powered by Blogger.