Angkat Janji Mahasiswa STr Keperawatan Tahun 2023

Capping day merupakan tradisi akademik yang dilakukan oleh perguruan-perguruan tinggi keperawatan di Indonesia. Acara ini berupa pengambilan sumpah mahasiswa keperawatan yang akan memasuki pembelajaran praktik baik di rumah sakit ataupun di tempat-tempat layanan kesehatan lainnya.  

Acara ini sangat penting dilakukan oleh institusi penyelenggara pendidikan keperawatan karena dengan angkat sumpah ini para mahasiswa diharapkan memiliki tanggung jawab moral atas perilaku di tempat praktek. 

Acara Capping Day di Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan (Prodi STr Kepma) dilaksanakan pada hari selasa tanggal 26 September 2023. Kegiatan dimulai jam 08.00 hingga jam 12.00 WIB dengan mengambil tema "Menyiapkan perawat profesional yang berdaya saing global di bidang keperawatan medikal bedah perioperatif." Acara dihadiri oleh Wadir 1 bidang akademik, kajur keperawatan, dan kaprodi STr Keperawatan Malang serta undangan yang terdiri dari para dosen Prodi STr dan perwakilan orang tua mahasiswa berprestasi. Adapun jumlah mahasiswa yang melaksanakan angkat sumpah sebanyak 151 mahasiswa terdiri dari 2 kelas reguler dan 1 kelas RKI. 

Dalam sambutannya, Wadir 1 menyampaikan pentingnya mempersiapkan perawat yang saat ini belajar di Politeknik Kesehatan Malang (Polkesma) agar memiliki daya saing global. Lebih lanjut, Bu Nurul, panggilan lengkap dari Dr. T. Dra. Nurul Hakimah, SST, M.Kes selaku Wadir 1 menyampaikan bahwa Polkesma mendapat target untuk mengirim lulusannya ke negara Jepang. Oleh karena itu, berbagai aktivitas pembelajaran mulai pembelajaran di kelas, di laboratorium keperawatan, di lahan praktek baik rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya diharapkan mampu memberikan luaran pembelajaran yang diharapkan untuk bersaing di tingkat global.

Acara ini juga menghadirkan orasi ilmiah yang sangat menarik. Seolah melengkapi sambutan dari Wadir 1, Dr. Tri Anjaswarni, SKp, M.Kep dengan antusias memberikan banyak gambaran perawat profesional yang seharusnya. Dengan judul "Perawat Inovatif dan Profesional yang Beradab dan Berdaya Saing Global di Bidang Keperawatan Medikal Bedah Perioperatif" beliau menyampaikan kiat-kiat mahasiswa untuk meraih bekerja sebagai perawat profesional. Hal yang beliau tekankan adalah adab harus mendahului ilmu. Artinya ilmu adalah penting, namun berperilaku baik lebih penting dibandingkan dengan orang pintar.

Selesai sesi foto bersama, acara dilanjutkan dengan kesan dan pesan mahasiswa. Acara semakin mengharukan saat salah seorang mahasiswa membawakan lagu kenangan para mahasiswa yang lain memberikan bunga kepada dosen-dosen yang hadir pada acara itu sebagai ungkapan rasa terima kasih.  


   

No comments

Abi. Powered by Blogger.