Teknologi Informasi Dalam Keperawatan

Teknologi Informasi Dalam Keperawatan (TIDK) merupakah salah satu mata kuliah yang ditawarkan di Program Studi D-III Keperawatan Lawang. Mata kuliah ini membahas pengetahuan dasar teknologi informasi (TI) dan aplikasinya dalam pengelolaan bidang keperawatan dan pelayanan keperawatan. Materi diarahkan  pada topik-topik yang berhubungan dengan sistem teknologi informasi (STI) antara lain konsep dasar sistem teknologi informasi, teknologi yang digunakan dalam TI, dan aplikasi-aplikasi STI di organisasi kesehatan. Metode pengembangan TI tidak dibahas karena tidak relevan dengan bidang ilmu terapan keperawatan pada Program Studi D-III Keperawatan.

Pendekatan yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah pendekatan terpadu dalam memberikan dan menjelaskan materi sehingga mahasiswa akan memahami di awal semua materi yang akan di bahas sehingga diperoleh gambaran utuh tentang sistem teknologi informasi. Disamping membahas  sistem teknologi informasi dari beberapa aspek, mata kuliah ini membekali mahasiswa ketrampilan yang relevan dengan kebutuhan mahasiswa selama studi di Prodi D-III Keperawatan Lawang. Akhirnya, diharapkan mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan aplikasi sederhana yang bisa dimanfaatkan dalam bidang keperawatan seperti membuat aplikasi asuhan keperawatan, SIM praktek perawat mandiri, pengelolaan laboratorium di lembaga pendidikan keperawatan dan lain-lain.

Kemampuan untuk menghasilkan aplikasi sederhana ini diharapkan memicu kreatifitas mahasiswa setelah lulus untuk bisa mengembangkan produk-produk yang bisa mendukung pengelolaan sumber daya perawat baik pada tataran pelayanan, pendidikan maupun administrasi. Selamat belajar TIDK. Salam sehat, salam tangguh, salam kemanusiaan.

No comments

Abi. Powered by Blogger.